'bout komputer

Senin, 28 April 2008

Mencegah Virus dan Spyware

  • Hati-hati pada Attachment Email

Jangan membuka file attachment pada email yang diterima jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti email yang dikirim, apakah gaya e-mail sama dengan yang biasa dikirim. Terkadang email yang anda terima berasal dari orang sunda, tapi menggunakan bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.

  • Pasang / Install Software Keamanan Yang Terbaru

Install 3 jenis software keamanan utama dan terpasang dengan setting yang otomatis mengamankan komputer tanpa harus dinyalakan terlebih dahulu. 3 jenis itu adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar. Untuk yang versi gratis dan bermutu bagus, bisa menggunakan AVG antivirus untuk anti virus, Ad-Aware untuk antri spyware dan Zone Alarm untuk program firewall. Pastikan semuanya sudah terupdate dengan definition dan patch terbaru yang memperkecil peluang virus dan spyware varian baru melakukan infeksi pada komputer pc. Jalankan scan pada komputer secara berkala untuk membunuh virus dan spyware yang baru menginfeksi.

  • Jangan Gegabah Menginstall Software

Hati-hati terhadap software yang diisntall. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang terinstall tanpa disadari. Backup semua file penting secara berkala pada flash drive, cd atau dvd untuk menghindari hilangnya data.

  • Waspada

Jika ada sesuatu yang tidak biasa pada komputer, segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Setelah itu, jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah berjalan dengan baik. Jangan menginstall software dari situs yang tidak jelas. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall.


Perbaikan Komputer Yang Terinfeksi Virus dan Spyware

  • Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network

Jika komputer terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan dan cabut bila perlu untuk memastikan komputer tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer sehingga seolah-olah komputer sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.

  • Update dan Scan

Langkah pertama untuk perbaikan jika merasa ragu-ragu ataupun merasa yakin bahwa komputer telah terserang virus atau spyware adalah melakukan update, baik melalui download internet maupun secara offline jika sudah memiliki filenya. Setelah terupdate dengan definition yang baru, langsung scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.

Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar

Jika semua cara telah dijalani dan tidak menghasilkan solusi yang memuaskan, sebaiknya memformat ulang hard disk. Pastikan data yang penting sudah ada backupnya. Kemudian format hard drive dan install os dan program aplikasi yang biasa dipakai. Copy kembali file-file penting pada komputer.

dikutip dari : Godam 64 @organisasi.Org

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda